Tuesday, 22 Oct 2019

Penderita Penyakit Hepatitis Wajib Hindari 4 Jenis Makanan Ini

Penderita Penyakit Hepatitis Wajib Hindari 4 Jenis Makanan Ini

Terdiagnosis positif hepatitis tentunya membuat seseorang harus lebih jeli dan teliti saat memilih makanan. Bagi para penderita penyakit hepatitis sangat disarankan untuk perbanyak konsumsi makanan bergizi dan kurangi jenis makanan tertentu. Sebab ada beberapa jenis makanan yang dapat memburuk fungsi hati dan menyebabkan kondisi semakin memburuk. Apa saja sih?

  1. Minuman Keras dan Alkohol

Minuman keras dan alkohol berada di berada di peringkat pertama jenis makanan yang wajib dihindari oleh para penderita hepatitis. Sebab minuman beralkohol bersifat racun yang dapat menghambat penyerapan gizi makanan. Bahkan mengonsumsi minuman beralkohol dalam jumlah sedikit saka juga bisa memicu penyakit perlemakan hati alkoholik.

Kondisi ini tentunya akan mengangkatkan risiko penderita penyakit hepatitis terhadap sirosis dan fibrosis yang akan memperburuk gejala hepatitis. Bahkan juga bisa berkembang ke tahap kerusakan hati tingkat lanjut. Selain itu perlu Anda perhatikan jika alkohol yang dimaksud di sini bukan hanya dalam bentuk minuman keras namun juga obat nyeri yang dijual bebas di pasaran.

  1. Mengonsumsi Makanan Tinggi Garam

Oran hati yang sudah mengalami kerusakan akibat hepatitis juga tidak akan bisa memproses garam sepenuhnya. Kadar natrium yang tinggi akan memicu meningkatkan tekanan darah yang nantinya akan berkontribusi terhadap penyakit perlemakan hati. Selain itu, makanan kaleng juga tinggi akan kandungan garam dan gula yang bisa menyebabkan pembengkakan perut dan retensi cairan.

Jadi sebelum mengonsumsi makanan, pastikan Anda membaca label gizinya terlebih dahulu. selain itu penting juga bagi Anda untuk mengurangi asupan makanan yang tinggi garam. Anda juga bisa berkonsultasi dengan dokter mengenai obat-obatan yang bisa membantu mengendalikan tekanan darah Anda.

  1. Makanan Tinggi Lemak Tak Jenuh

Penderita hepatitis tak hanya harus mengurangi makanan berlemak saja, namun pengidap hepatitis juga akan mengalami penurunan berat badan tanpa disadari. Untuk itu, penting juga bagi Anda mengonsumsi lemak agar berat badan tetap stabil. Tak hanya itu, hepatitis juga bisa menurunkan kemampuan hati untuk menghasilkan cairan empedu yang bermanfaat untuk menyerap lemak.

Meski demikian, jangan asal mengonsumsi makanan berlemak ya. Sebab tubuh Anda membutuhkan lemak yang sehat. Berbagai jenis makanan yang bisa Anda konsumsi antara lain seperti minyak zaitun, alpukat, dan minyak canola.

  1. Makanan yang Tinggi Protein

Hepatitis dapat menyebabkan penggumpalan amonia dalam tubuh. Racun amonia sendiri dapat merusak fungsi otak. Ada banyak ahli gizi dan kesehatan yang tidak menganjurkan penderita hepatitis mengonsumsi protein lebih dari 1 gram protein per 1 kg berat badan setiap harinya.

Hati merupakan salah satu organ tubuh terpenting yang bekerja tanpa henti untuk menguras racun dalam tubuh. Untuk itu, bagi Anda para penderita penyakit hepatitis harus lebih pintar memilih makanan yang akan dikonsumsi. Jangan sampai makanan tersebut hanya akan membuat kondisi Anda semakin memburuk.