Monday, 17 Feb 2020

Jangan Ragu Memulai Investasi Online, Berikut Tips Suksesnya

Jangan Ragu Memulai Investasi Online, Berikut Tips Suksesnya

Ingin mulai menanam modal, namun bingung karena belum berpengalaman? Di era yang serba canggih ini, investasi dapat dilakukan secara online melalui smartphone. Bahkan, sudah banyak platform tanam modal online yang beredar di dunia maya.

Cara memulai penanaman modal secara online sangatlah mudah. Calon investor hanya perlu mengunjungi website penyedia layanan tersebut. Kelebihan dari penanaman modal online, yaitu investor dapat mengakses produk tanam modal miliknya dengan mudah. Pengecekan naik turunnya harga produk juga dapat dilakukan setiap saat.

Tips Sukses Memulai Investasi Online

Calon investor sebaiknya wajib berhati-hati dalam memilih platform. Dari banyaknya platform yang beredar, perlu diwaspadai adanya platform abal-abal. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan saat berinvestasi, ikuti tips berikut ini:

  1. Pilih platform legal

Memastikan legalitas platform merupakan langkah awal untuk memulai investasi online. Selain website yang legal, calon investor juga harus melihat perusahaan atau perseroan terbatas yang menaungi website tersebut. Website yang legal dan terpercaya, biasanya dilindungi lembaga hukum dan mendapat persetujuan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Setiap situs yang legal biasanya disertai dengan keterangan persetujuan oleh OJK yang diletakkan di beranda website. Untuk memastikan kebenaran persetujuan tersebut, calon investor dapat mengecek status website tersebut pada website resmi OJK.

  1. Perhitungkan keuntungan yang ditawarkan

Salah satu ciri lembaga terpercaya yaitu memberikan penawaran keuntungan yang masuk akal. Calon investor harus berhati-hati dengan platform atau website yang menawarkan keuntungan terlalu tinggi dalam waktu singkat. Keuntungan umum yang ditawarkan oleh produk seperti reksa dana, obligasi, atau saham adalah sekitar 10% hingga 20% per tahun.

Website abal-abal, biasanya memberikan keuntungan lebih dari 50% per tahun. Pikirkan dengan matang, Penanaman modal bukanlah sulap ataupun sihir yang dapat memberikan keuntungan yang besar dalam waktu sangat singkat. Penanaman modal membutuhkan proses dan waktu yang cukup lama. Jadi, jangan mudah tergoda dengan penanaman modal yang menawarkan keuntungan tinggi dalam waktu singkat.

  1. Pahami bagaimana skema penanaman modal

Calon investor harus paham dengan jenis-jenis produk penanaman modal. Jangan hanya tergantung pada penjelasan pada website. Minimnya pengetahuan tentang sistem penanaman modal, memudahkan investor untuk dibohongi. Pastikan juga website memahami tentang produk yang ditawarkan. Website legal pasti dapat menjelaskan secara detail tentang produk yang mereka tawarkan.

Informasi yang dijelaskan bisa terkait dengan besarnya dana, aliran dana, dan keuntungan yang akan diberikan kepada investor. Sebagai calon investor yang cerdas, jangan hanya terpaku pada penjelasan pihak penyedia layanan. Tanyakan semua hal terkait penanaman modal sejelas-jelasnya.

  1. Cari tahu struktur organisasi perusahaan

Website yang kredibel pasti didirikan oleh perusahaan yang memiliki struktur organisasi yang jelas. Supaya lebih yakin, cari tahu rekam jejak perusahaan di situs internet. Perusahaan dengan reputasi yang baik, pasti memiliki banyak review dan testimoni positif dari beberapa orang. Jika perlu, cek lokasi penanaman modal tersebut. Biasanya, ada alamat lengkap yang dicantumkan dalam halaman website.

Itulah tips yang perlu diterapkan oleh para calon investor untuk memulai investasi yang baik. Teliti sebelum berinvestasi dan pastikan untuk selalu optimis dengan hasil yang akan didapatkan.

Dengan mengikuti tips di atas, maka proses penanaman modal bisa berjalan lebih lancar, aman, dan menguntungkan. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, segera mulai tanam modal sekarang juga! Dengan begitu, maka masa depan bisa lebih cerah dan tertata dengan baik.